Timeline & Analisis 5w+1H Penggunaan Smartphone Berlebih untuk Anak-Anak + PPT

Timeline


Analisis 5W+1H:

1. Why
      Dalam sebuah penelitian yang diambil berdasarkan 12 anak-anak usia antara 7-15 tahun yang dilakukukan para dokter dari rumah sakit Universitas Nasional Chonnam di Seoul, Korea. Ditemukan bahwa mereka menggunakan smartphone sekitar 4-8 jam sehari. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa anak-anak ini memiliki kebiasaan untuk memegang smartphone mereka dengan jarak 8-12 inch dari wajah mereka.

    Pola penggunaan smartphone yang terjadi di luar negeri bisa saja serupa dengan apa yang terjadi di Indonesia saat ini, melihat dari pengalaman pribadi yang mana anak-anak usia 7-15 tahun banyak menggunakan smartphone di ruang publik.

      Penggunaan smartphone yang berlebih untuk anak usia dini dapat menyebabkan beberapa komplikasi baik bagi kesehatan anak, atau pun perkembangan anak itu sendiri. Seperti efek radiasi dari gadget yang dapat mengakibatkan kanker, atau pun umumnya kesehatan mata. Fitur canggih yang ditawarkan oleh gadget seperti kamera, video, games, dan lain-lain juga dapat mengganggu proses pembelajaran di sekolah. Misalnya ketika guru menerangkan pelajaran di depan salah satu siswa bermain gadget nya di belakang atau bias juga di pergunakan sebagai alat untuk hal-hal yang tidak baik.

2. Who
    Di kurun periode ini anak-anak sudah memiliki perkembangan mental yang cukup matang untuk menentukan apa yang dibutuhkan oleh diri mereka, tanpa perlu disuap oleh orangtua. Periode ini sangat lah penting untuk perkembangan anak, dan mungkin saja dapat terganggu jikalau menggunakan smartphone melebihi batas penggunaan wajar di kurun usia tersebut.

    Akan tetapi hasil / solusi dari permasalahan yang kami angkat akan dikomunikasikan kepada para orangtua agar dapat mengontrol pola hidup anak mereka dengan lebih baik terutama dalam penggunaan smartphone.

    Selama pengerjaan projek ini, tim kami mengusung nama Kami no Hikari yang terdiri dari 3 personil, di antaranya Naufal Fadhilla, Zulkifli Yusuf, dan Qun Lazuardi.

3.When
Projek kami berlangsung selama lebih dari 1 bulan, dimulai dari tanggal 23 Oktober, dan berakhir pada tanggal 4 Desember.


4. What
   Output dari projek yang akan dijalankan berupa interactive infographic dan motiongraphic yang nantinya akan dikomunikasikan kepada orang tua yang memiliki anak dalam jangka usia yang menjadi audience dari projek kami.

      Pembahasan yang akan menjadi konten dari output tersebut dibagi menjadi beberapa seri berbeda, beberapa pembahasan yang mungkin dapat kami bawa terkait masalah yang diangkat adalah dampak penggunaan smartphone berlebih bagi anak usia dini, aktivitas bermanfaat yang dapat menggantikan kecanduan anak dalam menggunakan smartphone, aplikasi edukatif yang dapat membantu pola kembang anak, dan dapat mengontrol pola hidup yang berketergantungan dengan smartphone.

5.  Where
Kami membatasi ruang lingkup / wilayah yang dicakup dalam pemecahan masalah ini di wilayah terdekat agar lebih mudah dalam pengambilan data, dan dapat membandingkan data yang didapat dengan membandingkan perilaku anak usia 7-15 tahun di wilayah Bojongsoang cocok, atau tidaknya dengan hasil penelitian yang dilakukan di luar sana sehingga dapat menemukan apa kah permasalahan yang Kami ambil menjadi masalah di lingkungan sekitar, dan valid atau tidaknya masalah tersebut.


6. How
Kami membatasi ruang lingkup / wilayah yang dicakup dalam pemecahan masalah ini di wilayah terdekat agar lebih mudah dalam pengambilan data, dan dapat membandingkan data yang didapat dengan membandingkan perilaku anak usia 7-15 tahun di wilayah Bojongsoang cocok, atau tidaknya dengan hasil penelitian yang dilakukan di luar sana sehingga dapat menemukan apa kah permasalahan yang Kami ambil menjadi masalah di lingkungan sekitar, dan valid atau tidaknya masalah tersebut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini